Informasi Detail Berita

Sosialisasi Premanisme

1st Image

Sekilas dalam sosialisasi Penyakit Masyarakat



istilah preman identik dengan kekerasan atau kejahatan jalanan yang melibatkan orang perorang atau organisasi yang sudah terstruktur. dalam ranah sipil atau sosial preman merupakan manusia atau orang yang merasa tidak terikat dengan sebuah struktur dan sistem sosial tertentu, bahkan merasa sebagai orang yang tidak terikat oleh hukum. jadi dia bebas melakukan apapun.

Kutipan diatas merupakan salah satu materi Sosialisasi Penyuluhan Penyakit Masyarakat yang diadakan oleh Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Surakarta Tahun 2014 ini yang mengangkat tema Premanisme. Bertempat di Hotel Move Megaland Jalan Slamet Riyadi, sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 300 peserta yang terdiri dari Perwakilan LKK se Kota Surakarta dan perwakilan siswa siswi SMA/SMK Se Kota Surakarta dan dilaksanakan pada tanggal 19 s/d 21 Agustus 2014. Narasumber kali ini adalah 1. Ibu Nur Rochaeti, Dosen Kriminologi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dan Akademi Kepolisian, Semarang dengan judul materi Pencegahan Dan Penanganan Premanisme Sebagai Upaya Perlindungan Masyarakat 2. Bapak Drs. Soleh Amini, M.Si dengan judul materi Premanisme sebagai Gejala Sosial Menyimpang 3. Bapak AKP Ari Sumarmono, SH.MH dengan judul materi Upaya Pencegahan Premanisme pada Remaja dan Eksploitasi Anak.

Premanisme merupakan sebuah perwujudan tingkah laku yang menyimpang dan ilegal yang patut diperangi dan diberantas. Bukan hanya preman tingkat jalanan tetapi juga preman yang berlindung pada organisasi ataupun  bendera tertentu yang kadang kali masyarakat luas tidak menyadari akan hal itu.

 


posting oleh veky, 4013